Apakah Ocon Pantas Menggantikan Rio Haryanto di Manor?

Manor Racing telah memilih Esteban Ocon untuk menggantikan posisi Rio Haryanto sebagai pembalap yang mendampingi Pascal Wehrlein. Meskipun usia Ocon yang baru 19 tahun namun ia telah dianggap pantas untuk bersaing dalam ajang jet darat tersebut.

Sejak bulan Februari 2016 yang lalu, Ocon telah dipinjamkan oleh Mercedes ke Renault dengan status sebagai pembalap cadangan. Setelah itu ia dipilih menjadi pengganti Rio Haryanto yang telah didepak oleh Manor karena gagal melunasi pembayaran agar tetap dapat tampil hingga akhir musim di Formula One 2016.

Pembalap yang berasal dari Perancis itu akan berada di bawah bendera mobil Manor Racing hingga seri terakhir tahun 2016 ini di sirkuit Yas Marian, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Dave Ryan sebagai Direktur Balap Manor Racing memuji Ocon sebagai pembalap yang lagi naik daun dan akan melengkapi daftar pembalap berpotensi yang dimiliki oleh Manor Racing.

Sebagai pengganti Rio Haryanto, sesungguhnya karir dan prestasi dari Ocon ternyata ia pernah ambil bagian dalam latihan bebas pertama di Grand Prix Abu Dhabi pada tanggal 21 November 2014 dengan membalap membela Lotus F1.

Ia juga pernah ikut serta dalam tes mengendarai mobil Force India di Barcelona pad 2015. Kemudian ia juga sempat menjadi pembalap penguji Mercedes sebelum akhirnya pada awal tahun ini dipinjam ke Renault sebagai pembalap penguji juga.

Prestasi Ocon sendiri memang gemilang, ia menjadi juara Seri GP3 tahun lalu dalam usia yang cukup muda yaitu 18 tahun. Sebelumnya ia juga pernah menyabet gelar juara Formula 3 Eropa di tahun 2014, yang saat itu membuat namanya menjadi diperhitungkan di ajang balap jet darat.

Berbeda dengan Rio, memang Ocon belum pernah merasakan panasnya persaingan di Seri GP2. Dalam ajang GP3, prestasi paling baik yang berhasil diraih oleh Rio Haryanto adalah berada di posisi kelima pada tahun 2010. Rio sendiri hanya pernah menjadi pembalap penguji bersama Manor Racing di tahun 2010.

Berikut ini perbadingan prestasi Rio Haryanto dengan Esteban Ocon:

Rio Haryanto

– Berhasil Juara Formula Asia 2.0 2008

– Berhasil Juara Formula BMW Pacific 2009

– Berhasil Mencapai Peringkat kelima Seri GP3 2010

– Berhasil Mencapai Peringkat keempat Seri GP2 2015

– Menjadi Pembalap penguji Manor Racing 2010

Esteban Ocon

– Berhasil Mencapai Peringkat ketiga Eurocup Formula Renault 2.0 2013

– Berhasil Juara FIA Formula 3 Eropa 2014

– Berhasil Juara Seri GP3 2015

– Menjadi Pembalap penguji Lotus F1 2014

– Menjadi Pembalap penguji Force India 2015

– Menjadi Pembalap penguji Mercedes 2016

– Menjadi Pembalap penguji Renault 2016

Comments are closed.