Formasi MU Setelah Datangnya Paul Pogba

Manchester United baru saja mendatangkan Paul Pogba dari Juventus. Gelandang asal Perancis itu menjadi pemain keempat terbaru yang direkrut oleh Jose Mourinho pada bursa transfer musim panas ini setelah MU mendatangkan striker Zlatan Ibrahimovic, bek Eric Bailly dan gelandang Henrikh Mkhitaryan.

Demi mendapatkan seorang Pogba, MU sendiri harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit dan transfer situs poker ini telah memecahkan rekor transfer termahal di dunia. Setan Merah harus mengeluarkan dana sebesar 105 juta Euro bagi Juventus. Nilai ini juga bertambah 5 juta Euro lagi jika prestasi Pogba bagus di Old Trafford.

Selain itu juga MU harus mengeluarkan duit untuk komisi bagi sang agen Pogba yaitu Mino Raiola yang kabarnya mencapai 20 juta Euro.

Penyebab Manchester United rela mengelontorkan dana sebesar ini karena sang manajer Jose Mourinho memang sangat membutuhkan tenaga pemain bola 23 tahun ini. Pogba merupakan kepingan puzzle bagi Mourinho demi mewujudkan dream team dari skuad Setan Merah.

Seperti dilansir oleh Goal pada hari Selasa 09 Agustus 2016 Mourinho mengatakan bahwa Pogba merupakan jantung dari klub ini untuk satu dekade ke depan ataupun lebih.

Paul merupakan salah satu pemain terbaik di dunia saat ini dan akan menjadi bagian vital dalam skud Manchester United yang ingin dibentuk oleh Mourinho demi masa depan MU itu sendiri.

Pogba sendiri dikabarkan akan dimainkan sebagai gelandang bertahan agen poker bekerja sama dengan Michael Carrick ataupun Marouane Fellaini dengan formasi 4-2-3-1.

Pogba sendiri mengakui ia tidak suka dengan posisi sebagai gelandang bertahan dengan formaasi 4-2-3-1. Karena Pogba tidak dapat tampil maksimal seperti halnya saat ia membela tim Perancis pada Piala Eropa 2016 dimana pada saat itu ia dimainkan di depan empat pemain belakang.

Saat dirinya membela Juventus, ia dapat mengeluarkan teknik permainan terbaiknya karena ia bebas dalam bermain. Pogba dalam berperan sebagai motor penyerang ataupun juga membantu pertahanan.

Pada waktu bermain bagi tim nasional Perancis dengan formasi 4-2-3-1, membuatnya lebih banyak bertahan sehingga ia tidak terlalu produktif. Ia hanya mencetak satu gol saja di Piala Eropa 2016.

Adalah hal yang mubajir jika menempatkannya sebagai gelandang bertahan karena Pogba merupakan pemain dengan karakter yang sangat lengkap. Ia mempunyai keterampilan individu di atas rata-rata. Tendangan dan juga tekel akuratnya mampu menghentikan serangan lawan.

Jika Pogba tidak bersinar di MU dengan formasi 4-2-3-1 tampaknya Mourinho harus mengubah formasi agar Pogba dapat maksimal tetapi hal ini tentunya akan mengorbankan Wayne Rooney.

Tampaknya Pogba akan dimainkan ke lini depan agar lebih menyerang sehingga dapat saja membuat Rooney lebih banyak dicadangkan. Sebagai alternatif lainnya MU mungkin saja menggunakan formasi 4-4-2 dengan Rooney bekerja sama dengan Zlatan Ibrahimovic di lini depan. Karena pada awal kedatangannya di MU, pelatih yang berasal dari Portugal ini mengatakan Teman Poker99 bahwa ia ingin membuat Rooney kembali sebagai penyerang.

Comments are closed.